Yuk simak Tips Berikut Sebelum Anda Ingin Membeli Emas

Sekarang ini diberitakan harga emas sedang turun (sekitaran 3%). Tidak terelak banyak mulai orang yang memburunya. Emas sebagai salah satunya logam mulia yang paling disukai, selainnya dapat dipakai sebagai fasilitas investasi yang tidak dipengaruhi inflasi, dia bisa juga dikenai sebagai perhiasan untuk percantik diri. Emas yang dipasarkan biasanya terdiri atas tiga tipe, yaitu kompak (batangan/koin), perhiasan dan putih.

Saat sebelum beli emas, Sebaiknya anda tahu apa arah dari membeli. Bila Anda memutuskan untuk melakukan investasi, belilah yang berbentuk batangan atau coin. Tetapi sekedar untuk mengumpulkan dan mengantisipasi di saat kondisi keuangan susah, dapat pilih yang berbentuk perhiasan. Diambil dari beragam sumber, simak beberapa panduan dalam beli emas, apa saja arah Anda.

1. Apa Arah Anda Beli Emas?

Saat sebelum beli emas, tentukan dulu arah Anda. Bila ingin melakukan investasi, pilih emas batangan atau coin, karena nilai intrinsiknya yang relatif besar. Sedang untuk perhiasan sekalian tabungan, karena itu dapat pilih emas yang berkadar yang tinggi. Untuk emas perhiasan, harga jualnya lebih tinggi bila kemilaunya tetap terlindungi dengan baik sekali.

2. Check Harga Emas Saat Ini

Harga emas berlainan sehari-harinya, jadi Anda harus memeriksanya di pasar. Bukalah beberapa situs yang mengutamakan dianya untuk ini seperti logammulia.com, pegadaian.co.id atau harga-emas.com. Di website ini Anda dapat saksikan secara langsung harga-harga emas sama sesuai macamnya. PT. Antam bahkan juga umumkan harga emas 2x dalam satu hari. Harga emas yang dipublikasikan oleh PT. Antam itu sebagai dasar harga emas nasional.

3. Tempat Beli Emas

Sangat penting tentukan tempat beli emas yang bagus. Belilah emas di toko yang mempunyai rekam jejak yang terang. Ini bermanfaat untuk memberinya perasaan aman dan kualitas yang bagus. Lihat nilai jual kembali di toko itu, janganlah sampai nilai jual kembali turun mencolok. Jauhi beli emas pada harga sama seperti yang tertera di surat. Untuk referensi yang terjaga dan bersertifikasi, pilih PT. Antam atau Pegadaian.

4. Check Kondisi Fisik Emas

Saat menentukan emas, diprioritaskan yang penampilannya bersih tanpa bintik hijau di pori-porinya. Beberapa toko kerap memandang ini ialah suatu hal yang umum, walau sebenarnya tidak. Pertanda emas itu belum dicuci secara benar dan masih tinggalkan tersisa kimia yang dapat mengakibatkan alergi.
Bila Anda memutuskan untuk beli emas berbentuk perhiasan, periksalah secara baik adakah guratan, cengkungan atau cacat yang lain. Karena saat Anda akan menjualnya kembali, ini akan memengaruhi harga.

5. Bertanya Kandungan kemurnian Emas

Menurut harga-emas.com, standard internasional kandungan kemurnian emas ialah seperti berikut:
– Emas 24 karat ialah emas murni (99.99%)
– Emas 22 karat mempunyai formasi 91.7% emas dan digabung bahan lain 8.3% (umumnya bahan perak)
– Emas 20 karat mempunyai kompoisis 83.3% emas
– Emas 18 karat mempunyai formasi 75% emas
– Emas 16 karat mempunyai formasi 66.6% emas
– Emas 14 karat mempunyai formasi 58.5% emas
-Emas 9 karat mempunyai formasi 37.5% emas

Di indonesia, standard kandungan emas di toko emas sedikit berbeda. Emas 24 karat ialah 90% emas, bagaimana dengan emas 23 karat? emas 23 karat? ialah 70% emas, emas 22 karat ialah 40% emas dan yang lain. Dapat disebut, mekanisme jual-beli emas di pasar (tradisionil-toko emas) memang lumayan memprihatinkan karena tidak ada mekanisme dan standard sebagai stabilitas harga, berat atau kandungannya.

6. Taruh Semua Wujud Surat dengan Baik

Sesudah beli, Anda akan memperoleh surat-surat seperti kuitansi, sertifikat emas sampai nota pembelian. Taruhlah semua surat yang didapat secara baik, karena akan dibutuhkan ketika akan dipasarkan kembali. Ini karena tidak seluruhnya konsumen emas, baik toko atau tempat yang lain, pakar dalam tentukan kandungan emas itu. Istilahnya tidak ada standarisasi. Harus diingat bila beberapa surat penting ini lenyap, harga emas Anda dapat jatuh. Taruhlah pada sebuah plastik bersama dengan emasnya dan disegel.

7. Simpan Emas yang Betul

Mempunyai emas sama maknanya dengan simpan barang bernilai atau tabungan. Bila emas yang diletakkan di dalam rumah tidak banyak, pakai kotak atau peti uang individu. Bila emas termasuk banyak (batangan 1kg ke atas), karena itu perlu diletakkan di kotak deposit di bank. Ongkosnya tidak begitu mahal, dan berbeda di antara satu bank dengan yang lain.

8. Emas Sebagai agunan

Emas yang dipunyai menjadi agunan yang bagus untuk mendapatkan uang saat kondisi keuangan susah. Bawa ke pegadaian dan pertanggungkanlah, emas itu dapat dibayar kembali sesudah Anda memiliki uang. Dalam masalah ini emas lebih bagus diagunkan, bukan dipasarkan, karena bila Anda beli emas baru sama ukuran dan kandungan yang serupa, belum pasti harga juga sama.

Related Posts