September 17, 2021 By Hasan

TOMAT, SI BUAH YANG SERING DIKIRA SAYURAN

Sebagian besar orang mengira bahwa tomat adalah sayuran. Padahal, tomat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Tomat memiliki warna, ukuran, serta rasa yang berbeda-beda. Tumbuhan tomat pada umumnya berwarna hijau, kuning, atau merah.

Tomat merupakan salah satu tumbuhan asli dari Amerika Tengah dan Selatan. Tumbuhan ini tumbuh dari negara Meksiko sampai Peru. Menurut sejarah, tumbuhan tomat disebarkan oleh para pejajah dari Spanyol. Pada awalnya, para penjajah dari Spanyol membawa tomat ke negara Filipina. Dari Filipina, tomat mulai menyebar ke seluruh Asia, termasuk Indonesia. Petani di Indonesia membudidayakan berbagai jenis tomat.

Cara Mengkonsumsi Tomat

Tomat dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang dapat dikonsumsi secara langsung. Buah tomat yang berwarna merah paling sering dikonsumsi secara langsung. Buah tomat juga dapat diolah menjadi minuman jus. Selain itu, buah ini juga digunakan sebagai campuran bahan masakan. Masyarakat Indonesia pada umumnya menggunakan tomat sebagai salah satu campuran sambal. Resep sambal tomat sering digunakan sebagai pendamping menu ayam bakar. Di zaman milineal sekarang ini, sambal tomat dapat kita temukan dalam bentuk kemasan. Bentuk kemasan tersebut sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.

Kandungan pada Tomat

Tomat memiliki berbagai kandungan gizi, diantaranya:

Vitamin A

Vitamin A sering dikenal sebagai vitamin yang diperlukan untuk kesehatan mata. Tidak hanya sayur wortel, buah tomatpun juga memiliki kandungan vitamin A di dalamnya. Setelah dikonsumsi tomat baru akan diubah tubuh menjadi vitamin A karena vitamin A yang ada di tomat berbentuk provitamin.

Vitamin C

Selain buah jeruk, tomat juga terkenal sebagai salah satu buah yang mengandung vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat larut dalam air, namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia. Oleh sebab itu, kalian perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung Vitamin C untuk memenuhi kebutuhan harian kalian.

Vitamin E

Vitamin yang juga larut dalam lemak ini dapat kita temukan di buah tomat. Walaupun tidak begitu banyak kadarnya, mengkonsumsi buah tomat juga dapat sedikit memenuhi vitamin E kita.

Vitamin K

Tidak hanya vitamin A, C, dan E, tomat juga mengandung vitamin K. Vitamin ini lebih sering dikenal sebagai vitamin penyembuh luka. Vitamin K membantu tubuh untuk membekukan darah. Tubuh yang kekurangan vitamin jenis ini darahnya akan sulit membeku dan mudah mengalami pendarahan.

Manfaat Lain dari Tomat

Tidak hanya enak untuk dimakan, buah tomat dapat juga dimanfaatkan untuk kecantikan. Buah tomat dapat digunakan untuk membuat masker wajah. Masker buah tomat dipercaya dapat mencegah penuaan dini, mengecilkan pori-pori wajah, dan menghilangkan bekas jerawat. Kita hanya harus rutin untuk membuat masker alami tersebut agar kita dapat merasakan manfaatnya.

Masker alami ini dapat dipadupadankan dengan berbagai bahan lainnya. Bahan-bahan campuran tersebut dapat kita temukan di rumah dan tergolong dalam kategori bahan yang murah. Bahan tersebut diantaranya yogurt, air lemon, gula pasir, timun, oatmeal, minyak zaitun, alpukat, lidah buaya, dan bahan lainnya. Berbagai bahan tersebut ketika dicampur dengan tomat memiliki manfaat yang berbeda-beda. Contohnya, tomat dicampur dengan timun dipercaya dapat mengurangi produksi minyak di wajah.

Setelah membaca artikel di atas, semoga kita tidak salah lagi mengira tomat sebagai sayuran. Tomat adalah buah dengan sejuta manfaat.