August 28, 2021 By Husein

Hal-hal yang perlu diketahui sebelum Berbelanja Baju secara Online

Perkembangan zaman digital yang pesat membuat kita lebih mudah melakukan segala aktivitas. Salah satu contohnya, aktivitas jual beli. Aktivitas jual beli dapat dilakukan dimana saja, terutama di rumah. Hanya bermodalkan ponsel pintar, kita bisa menjual maupun membeli barang tanpa perlu keluar dari rumah. Hampir segala jenis barang dapat kita beli secara online. Contoh umum barang yang dapat dibeli secara online diantaranya makanan, minuman, maupun baju.

Membeli barang secara online memang memudahkan kita dalam segi waktu dan tenaga. Namun, terkadang kita merasa kecewa dengan barang yang datang, terutama baju. Jenis, warna, maupun bahan dari baju tersebut tidak sesuai dengan ekspektasi kita.

Bahan Kain

 

Baju memiliki jenis bahan yang berbeda-beda. Pemilihan bahan disesuaikan dengan fungsi dari baju. Baju yang berfungsi menghangatkan tubuh sebaiknya terbuat dari bahan yang tebal. Sedangkan untuk baju yang berfungsi menyerap keringat seperti kaos olahraga sebaiknya terbuat dari kain jersey.

Agar kita tidak kecewa ketika berbelanja secara online sebaiknya kita tahu jenis-jenis kain. Di bawah ini, kita akan membahas beberapa contoh jenis kain yang umum digunakan para penjual online.

Kain Katun

Kain katun merupakan jenis kain favorit bagi banyak orang. Katun terbuat dari serat alami serat kapas. Kain katun merupakan kain yang paling banyak diproduksi di industri tekstil. Bahan katun terbagi menjadi dua jenis, yaitu kain yang dipintal dan ditenun dari serat tumbuhan kapas, sedangkan linen dipintal dan ditenun dari serat tumbuhan rami. Keunggulan kain katun linen dengan kain katun biasa ialah daya tahan dan seratnya lebih kuat.

Poliester

Jenis kain poliester terbuat bahan serat sintetis. Serat sintetis ini berasal dari unsur minyak bumi. Kelebihan dari jenis kain ini yakni tidak mudah berkerut. Kelebihan ini menyebabkan bahan polyester sering dipintal bersama dengan serat alami lainnya. Sedangkan untuk kekurangannya, jenis kain ini cederung kasar dan dapat menimbulkan iritasi bagi beberapa orang yang memiliki kulit sensitif.

Denim

Jenis kain yang juga populer adalah jenis kain denim. Tanpa kalian sadari, jenis kain ini sering kita temui di kehidupan sehari-hari. semua orang paling tidak memiliki baju yang terbuat dari denim. Bahan denim paling banyak ditemukan dalam pembuatan celana atau lebih kita kenal dengan celana Levis. Kelebihan dari bahan ini yaitu kuat, tahan lama, nyaman digunakan, dan tidak mudah sobek.

Jenis Rajutan

Tahukah kalian, selain jenis bahan hal yang perlu kalian ketahui tentang kain yaitu jenis rajutan kain. Terdapat tiga jenis rajutan kain, yaitu single knit, pique, dan terry.
Single Knit

Jenis rajutan single knit merupakan rajutan yang memiliki perbedaan antara permukaan luar dan dalamnya. Kebanyakan di masyarakat sering kita temukan baju knit jenis ini. Jenis rajutan ini lebih sering digunakan untuk bahan pembuatan kaos.
Pique

Bahan pique memiliki ciri corak rajutan yang padat, berbentuk segiempat dan segienam. Bahan ini sering digunakan dalam pembuatan kaos polo, kemeja maupun baju pesta.

Baby Terry

Bahan jenis ini berbeda dengan jenis rajutan single knit dan pique. Jenis rajutan Baby Terry mempunyai karakter yang lebih tebal. Ciri dari bahan ini adalah permukaan luar dan permukaan dalamnya berbeda.

Setelah mengetahui beberapa jenis bahan kain serta jenis rajutan, kalian akan lebih mudah untuk memahami kebutuhan kalian dalam hal berbelanja baju.