hamounpumpalborz
October 19, 2021 By Hasan

3 Alasan Agar Pemilik Kartu Kredit Tidak Melakukan Gesek Tunai

Siapa sih yang tidak tahu kartu kredit di era seperti saat ini? Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran yang cukup banyak memberikan keuntungan bagi para pemiliknya. Contohnya promo yang didapatkan saat digunakan berbelanja, maupun diskon yang cukup menggiurkan saat digunakan disebuah restoran. Namun, ada satu hal yang sebaiknya kamu jauhi saat memegang kartu kredit, yaitu gesek tunai.

Kenapa? Berikut dibawah ini 3 alasan yang perlu diketahui oleh para pemilik kartu kredit agar tidak melakukan gesek tunai, diantaranya yaitu :

  1. Tidak Menggunakan Kartu Kredit Sesuai

Fungsi kartu kredit bukan untuk melakukan penarikan uang tunai. Jadi, jika kamu melakukan gesek tunai, artinya kamu sudah melakukan penyalahgunaan dari kartu itu sendiri. Contohnya, saat kamu ingin membeli pakaian disebuah toko, maka kamu bisa membayarnya dengan kartu kredit. Toko tersebut akan memperoleh pendapatan setelah menjual produknya. Namun saat melakukan gesek tunai, kamu seolah – olah telah mengambil uang tunai dari toko, tanpa ada transaksi jual beli produk.

  1. Membuat Rugi

Kemudahan untuk mendapatkan uang tunai lewat gesek tunai memang cukup menggiurkan. Namun jangan salah, hal tersebut justru bisa membuatmu rugi. Kerugian tersebut akan kamu dapatkan karena aturan bunga yang ada dari kegiatan gesek tunai tersebut.

Contohnya, saat kamu melakukan gesek tunai sebesar Rp. 1 juta, maka kamu hanya akan mendapatkan Rp. 970 ribu saja, karena sudah dipotong bunga 3% yang diterapkan oleh merchant. Selain itu, saat tagihan kartu kredit datang, yang harus kamu bayar bukan Rp. 970 ribu, melainkan Rp. 1 juta, sesuai dengan gesek tunai yang dilakukan. Coba bayangkan, jika gesek tunai yang dilakukan nominalnya lebih besar, maka akan semakin rugi kan?

  1. Berpotensi Menyebabkan Kredit Macet

Tidak ada batasan saat melakukan gesek tunai dengan menggunakan kartu kredit, selama limit di kartu kredit tersebut masih mencukupi. Hal tersebut kerap membuat seseorang menjadi lupa diri. Bayangkan saja hanya dengan sebuah kartu saja kamu sudah bisa mendapatkan uang tunai dalam jumlah yang lumayan. Sangat menggiurkan bukan?

Namun, hal tersebut berpotensi menyebabkan kredit macet. Nah, jika kamu terbiasa melakukan gesek tunai, terlebih lagi tidak memikirkan tagihan yang harus dibayar nanti, kemungkinannya kamu tidak akan mampu melunasi hutang dari kartu kredit tersebut. Apalagi kamu juga harus membayar bunganya, tentu hal tersebut bisa menyebabkan kredit macet.